Selasa, 16 Juli 2013

Jus Cranberry Jauhkan Infeksi



Dengan meminum segelas jus cranberry setiap hari dapat menghilangkan Urinary Tract Infections (UTI) atau semacamnya berdasar cerita penyembuhan secara rumahan (bisa dilakukan dirumah).
Sebuah tim yang dipimpin oleh Terri A. Camesano dan Yuayuan Tao dari Worcester Polytechnic Institute, Massachusets, telah menunjukkan bahwa meminum jus cranberry dapat mencegah infeksi bakteri Escherichia Coli, Staphylococcus aureus, dan UTI lainnya yang menyebabkan bakteri tersebut menempel di saluran urinary dan membentuk biofilm.
Para peneliti sukarela membandingkan antara meminum jus cranberry dengan meminum air minum biasa. Dengan melakukan penyelidikan menggunakan mikroskop bertenaga atom, mereka mengukur kekuatan bakteri untuk melekat. Dan ternyata peneliti yang meminum jus cranberry mencegah penempelan bakteri yang membentuk biofilms dilihat melalui urin, sedangkan yang hanya meminum air minum biasa masih ada penempelan bakteri yang membentuk biofilms. Cranberry juga merupakan buah yang kaya antioksidan dan fitonutrients.
Selain itu, menurut penelitian di Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University menemukan hasil menjanjikan terkait diet tinggi antioksidan dan fitonutrien lainnya. Studi awal menunjukkan bahwa diet dengan buah dan sayuran yang mengandung antioksidan dan fitonutrien (seperti Cranberry) dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kepikunan.
Penelitian juga menemukan bahwa buah Cranberry dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah. Maka dari itu sangat baik diet dengan jus Cranberry ini. Buah Cranberry juga dapat memperlambat pertumbuhan tumor atau pencegahan tumor, dan adanya kandungan nutrisi tertentu menjadikan buah ini dapat mencegah pembanyakan sel kanker payudara dalam tabung reaksi, meskipun efek pada wanita masih belum diketahui secara pasti.
Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin terdapat pada buah cranberry yang belum diolah atau jus buahnya. Senyawa-senyawa tersebut terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

Para ilmuwan lain mengatakan buah cranberry bisa membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Sebuah penelitian dilakukan dengan menguji buah Cranberry pada seekor babi yang memiliki kolesterol tinggi dan arteri mengeras, demikian menurut laporan The Sun .
Babi tersebut diberi makan terus-menerus dari serbuk jus cranberry yang membuat pembuluh darah mereka rileks dan terbuka lebih besar mendorong darah mengalir lebih lancar ke jantung.
Untuk beberapa orang yang menggunakan obat-obat khusus seperti obat anti pembekuan darah yaitu warfarin, sebaiknya menghindari pengkonsumsian buah cranberry ini apapun bentuknya karena dapat meningkatkan resiko terjadinya pendarahan seperti yang dikemukaan oleh The Committee on Safety of Medicines. Ataupun mereka yang mempunyai penyakit Diabetes sebaiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter masing-masing sebelum mengkonsumsi jus Cranberry.

Jadi, ingin sehat dengan cara yang nikmat ?? silahkan coba jus Cranberry !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar